//Pelatihan Meta-Analisis

Pelatihan Meta-Analisis

Pada hari Selasa Rabu, 12-13 Maret 2019, Departemen INTP menyelenggarakan pelatihan meta analisis. Pelatihan ini mengundang peserta dari berbagai wilayah. Pelatih dalam kegiatan ini adalah Dr. Anuraga Jayanegara SPt., MSi yang telah menelurkan sekitar 10 artikel meta analisis di bidang peternakan.

Peserta yang hadir mencapai 45 orang, melebihi ekspektasi penyelenggara. Peserta yang berasal dari berbagai background ini tampak antusias mengikuti pelatihan. Target pelatihan ini adalah menghasilkan artikel untuk setiap peserta, sesuai dengan bidang ilmu yang digeluti.

Menurut Dr. Anuraga, jumlah artikel meta analisis berkembang dari tahun ke tahun karena banyaknya data yang telah dihasilkan oleh peneliti sebelumnya yang penting untuk ditarik benang merah yang diperlukan untuk perkembangan selanjutnya. Artikel meta analisis yang berasal dari Indonesia baru mencapai 280an dari berbagai bidang studi, dan hanya sekitar 30 artikel di bidang pertanian. Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah artikel meta analisis di Indonesia.