//Dosen Mengabdi: Memperkenalkan Indigofera untuk Pakan Ternak di Desa Sukawening

Dosen Mengabdi: Memperkenalkan Indigofera untuk Pakan Ternak di Desa Sukawening

Di awal Maret 2020, LPPM bekerjasama dengan tim SUIJI menyelenggarakan pelatihan untuk warga Desa Sukawening, terutama pemilik ternak domba. LPPM mengundang Dr.rer.nat. Nur Rochmah Kumalasari SPt., MSi untuk membantu meningkatkan produktivitas ternak domba melalui pemberian pakan berkualitas tinggi.  Dr.rer.nat. Nur Rochmah Kumalasari memperkenalkan budidaya Indigofera zollingeriana kepada peternak.

Indigofera sangat mudah dibudidayakan di mana saja, dapat ditanam di pekarangan, kebun maupun pinggiran sawah. Hasilnya berupa hijauan pakan berkualitas tinggi yang dapat diberikan untuk berbagai ternak, baik domba, ayam maupun ikan” papar Dr.rer.nat. Nur Rochmah Kumalasari.  Tanaman ini sudah dikaji lebih dari sepuluh tahun di Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan Fakultas Peternakan IPB University.  Sayangnya, peternak desa Sukawening belum mendapatkan pengetahuan tentang tanaman ini, meskipun lokasi tempat tinggalnya berdekatan dengan Kampus IPB.

Warga berharap dapat membudidayakan tanaman ini dengan baik dan merasakan berbagai manfaatnya.  “Kami berharap Indigofera dapat menjadi salah satu sumber peningkatan pendapatan warga desa Sukawening, khususnya RW 05″ kata Ketua RW 05 menutup diskusi yang dilakukan di akhir acara.