//Online Course Series: Pelatihan Budidaya dan Pengolahan Indigofera sebagai Pakan Berkualitas

Online Course Series: Pelatihan Budidaya dan Pengolahan Indigofera sebagai Pakan Berkualitas

Bogor, Kamis 16 Juli 2020, Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan menyelenggarakan kembali Online Course Seri 3 dengan topik “Budidaya dan Pengolahan Indigofera sebagai Pakan Berkualitas”.  Pelatihan ini diberikan oleh Prof.Dr.Ir. Luki Abdullah MSc. Agr dengan dihadiri lebih dari 100 orang peserta dari seluruh Indonesia.  Sebanyak 44% peserta merupakan dosen dari berbagai perguruan tinggi, 46% adalah peneliti, penyuluh dan wastukan dari berbagai dinas dan balitbang serta 10% diantaranya peternak dan manajer perusahaan peternakan.

“Indigofera merupakan jenis leguminosa yang memiliki status nutrien pakan yang sangat baik dengan kandungan protein rata-rata diatas 25%, tidak beracun, mudah dibudidayakan dan dapat dimanfaatkan untuk berbagai jenis ternak,” jelas Prof. Luki.  Beliau menjelaskan benih Indigofera, proses penanaman, pupuk hingga umur panen yang tepat.  Hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan dalam jangka panjang menunjukkan berbagai manfaat Indigofera pada ternak ruminansia, unggas, aneka satwa/binatang kesayangan termasuk juga ikan.

Peserta yang hadir aktif bertanya mewakili berbagai wilayah mengenai budidaya Indigofera secara mendetail.  Peserta sangat tertarik untuk mengaplikasikan Indigofera di daerahnya masing-masing sehingga ingin membeli buku tentang Indigofera dan benihnya.  Di penghujung acara moderator, Dr.rer.nat. Nur Rochmah Kumalasari membagikan gift away berupa 15 paket buku Panduan Teknis Budidaya dan Pemanenan Indigofera zollingeriana yang disambut dengan gembira oleh peserta.  “Terimakasih banyak ilmu dan pelayanannya semoga ada kegiatan serupa dilain waktu, sukses,” tutup Achmad Rifani dari Dinas Pertanian pada akhir acara pelatihan.