//Himasiter mengadakan FEED FORMULATION TRAINING

Himasiter mengadakan FEED FORMULATION TRAINING

Seiring dengan berkembangnya teknologi, muncul berbagai software yang dapat digunakan untuk memformulasikan ransum secara cepat dan akurat. Formulasi ransum unggas menggunakan metode WinFeed, sedangkan formulasi ransum ruminansia menggunakan metode Dairy Feed. Metode WinFeed merupakan salah satu program optimalisasi formulasi ransum dari bahan-bahan pakan yang jumlahnya tidak terbatas, dengan kata lain metode WinFeed dapat menerima masukan jenis bahan pakan dalam jumlah yang banyak untuk diformulasi dalam bentuk pakan tunggal (ransum). Metode Dairy Feed merupakan salah satu program optimalisasi formulasi ransum menggunakan prinsip Linear Programming, yaitu suatu model matematik dalam optimalisasi untuk meminimalisasi biaya.

Ransum yang diformulasikan dengan FORSUM akan menghasilkan ransum yang sesuai dengan kebutuhan ternak serta dengan harga ransum yang murah, dalam aplikasi ini dilengkapi basis data berupa bahan pakan yang tersedia di masing-masing sentra produksi susu di Indonesia. Oleh karena itu, Himpunan Mahasiswa Nutrisi dan Makanan Ternak (Himasiter) IPB mengadakan suatu pelatihan penyusunan ransum dengan metode WinFeed untuk menyusun ransum pakan unggas dan metode Dairy Feed untuk menyusun ransum pakan ruminansia berbasis bahan pakan lokal yang dikombinasikan dengan limbah pertanian.

Kegiatan Feed Formulation Training ini dilaksanakan pada tanggal 14-15 Agustus 2021, diikuti oleh 69 orang peserta dengan rincian 36 orang yang mengikuti FFT series Unggas dan 33 orang yang mengikuti series ruminansia. Kegiatan FFT mengahadirkan pembicara yang memang sudah kompeten di bidangnya, yaitu Dr. Ir. Idat Galih Permana, M.Sc.Agr., Dr. Sri Suharti, S.Pt., M.Si., Prof. Dr. Ir. Sumiati, M.Sc., Dr. Ir. Widya Hermana, M.Si., dan Rika Zahera, S.Pt., M.Si.