//Open Recruitment: Retooling Feed Professional Entrepreneur (FPE)

Open Recruitment: Retooling Feed Professional Entrepreneur (FPE)

Industri peternakan ruminansia di Indonesia sangat tergantung pada ketersediaan pakan baik kuantitas maupun kontinuitasnya. Permasalahan utama penyediaan hijauan pakan antara lain disebabkan oleh tidak adanya segmentasi antara kegiatan on-farm peternakan yaitu kegiatan produksi ternak dengan kegiatan penyediaan pakan. Kegiatan harian peternak sapi perah disibukkan dengan penyediaan hijauan pakan dengan cara mengarit dalam jangkauan yang jauh dari farm, sehingga peternak sering kekurangan waktu untuk mengelola ternak dengan baik. Selain itu peternak tidak memiliki lahan yang cukup untuk produksi hijauan pakan yang memenuhi kebutuhan ternak.

Dampak dari permasalahan penyediaan hijauan pakan ini adalah sulitnya bertambah populasi sapi perah, umur produktif sapi perah relatif pendek sehingga peternak mengalami kerugian, peternak lebih mengandalkan konsentrat untuk sapi-sapi periode non laktasi sehingga beban biaya produksi meningkat, sehingga harga pokok produksi susu di tingkat farm meningkat.

Departemen Ilmu Nutrisi dan Pakan, Fakultas Peternakan IPB bekerja sama dengan PT Ultra Milk Industry & Trading Company Tbk. merancang program retooling tenaga sarjana dengan latar belakang ilmu nutrisi dan teknologi pakan untuk menjadi tenaga profesional pengelola bisnis hijauan pakan. Program retooling terdiri dari kegiatan pelatihan  dan pendampingan usaha start up pakan. Program tahap pertama akan dilaksanakan pada 24-29 Oktober 2022, peserta yang terpilih akan melanjutkan dengan program pendampingan start up bisnis hijauan pakan selama bulan November 2022.

Kegiatan retooling Feed Profesional Entrepreneur bertujuan  untuk menyelenggarakan kegiatan pelatihan sarjana untuk menjadi wirausahawan profesional di bidang hijauan pakan yang mampu mengelola bisnis hijauan pakan. Dalam program ini, peserta akan dapat membangun jejaring dan ekosistem bisnis hijauan pakan pasca pelatihan sehingga terwujud start up bisnis hijauan pakan berkualitas yang dapat memasok pakan hijauan kepada peternak sapi perah.

Kandidat dapat mendaftar melalui ipb.link/retooling-fpe sampai tanggal 20 Oktober 2020.