//HIMASITER menggelar FFT 2013

HIMASITER menggelar FFT 2013

 

Feed Formulation Training (FFT) merupakan acara rutin tahunan yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Nutrisi dan Makanan Ternak (Himasiter) dibawah koordinasi langsung Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan Fakultas Peternakan IPB. Kegiatan FFT pada tahun 2013 merupakan generasi FFT ke-9 yang terlaksana pada tanggal 23 November 2013 bertempat di ruang sidang Fakultas Peternakan dengan mengangkat tema “Menciptakan Pakan Berkualitas untuk Kemajuan Peternakan dan Keamanan Dunia Pangan”. Sesuai dengan tujuan dari acara FFT yaitu meningkatkan pengetahuan dan kemampuan formulasi pakan, peserta yang hadir berasal dari kalangan akademisi, pengusaha, staf industri pakan, staf instansi pemerintahan hingga peternak dari berbagai daerah di Indonesia.

Para peserta FFT 2013 yang telah terdaftar pada bagian registrasi diarahkan untuk melakukan sesi photo both untuk buku angkatan. FFT 2013 dipandu oleh Achmad Zainuri sebagai MC dilanjutkan sambutan dari Ketua Pelaksana FFT 2013 oleh Fransiska Rahmadani serta Ketua Departemen INTP Prof. Dr. Ir. Panca Dewi MHK, MSi yang membuka secara resmi kegiatan FFT 2013, dalam sambutannya beliau menyatakan sangat pentingnya pengetahuan tentang formulasi pakan dan beliau juga berharap bahwa para peserta FFT dapat membawa ilmunya kedaerah masing-masing dan menerapkannya pada masyarakat.

Feed Formulation Training 2013 menghadirkan para trainer yang sangat ahli dibidangnya. Pada sesi pertama diisi oleh Prof. Dr. Ir. Nahrowi, M.Sc (Sekretaris Jendral Asosiasi Ilmuwan Ahli Nutrisi dan Pakan Indonesia) yang menekankan pada pentingnya efisiensi pakan dan kualitas pakan lokal. Sesi kedua menghadirkan Dr. Ir. Suryahadi, DEA (Kepala CENTRAS IPB) dengan topik produksi dan komersialisasi probiotik. Sesi selanjutnya diisi oleh WiraWisnu, S.Pt (PT. Trow Nutrition Indonesia) tentang optimalisasi efisiensi pakan dengan penggunaan premix yang berkualitas. Para peserta yang hadir sangat antusias dengan materi-materi yang disampaikan oleh narasumber dengan adanya sesi diskusi pada setiap akhir penyampaian materi oleh nara sumber dan pemberian kenang-kenangan.

Setelah makan siang bersama dilanjutkan dengan sesi keempat yang merupakan acara puncak dari Feed Formulation Training 2013, yaitu pelatihan penyusunan formulasi pakan menggunakan software pakan. Sesi keempat dibuka dengan penyampaian teknik formulasi pakan menggunakan software Winfeed oleh Tekad Urip, S.Pt (Pascasarjana IPB) dan dilanjutkan oleh Ir. Jopijanto P., MM (Brilliant Alternative Country Manager) tentang teknik penyusunan ransum menggunakan Brill untuk mencapai keseimbangan nutrisi ransum dengan harga terjangkau. Pada sesi ini semua peserta berlatih menyusun formulasi ransum menggunakan software Brill dengan didampingi oleh para tentor yang berasal dari mahasiswa Pascasarjana Ilmu Nutrisi Pakan IPB. Rangkaian acara ini resmi ditutup dengan pemberian kenang-kenangan kepada para peserta FFT 2013. [FR & INTP]